Jumat, 02 Maret 2012

Mendengarkan 'John Lennon' Bermain Gitar dan Bernyanyi


Hari Sabtu, 06 September 2008 akhirnya kesampaian juga niat untuk mengunjungi kembali Panti Laras (tempat rehabilitasi gangguan kejiwaan), di Jakarta Barat.

Sebenarnya dada saya agak sesak rasanya, tapi karena udah tertunda seminggu saya paksain saja untuk ke sana. Tiba di sana seperti biasa kami bertemu dengan salah pengurus yang bertugas pada panti itu. Panti tersebut bertambah penghuni baru sebanyak 39 orang. Jadi sekarang jumlahnya sudah 639 orang dari maksimal daya tampung 400 oang dan bantuan subsidi dari Pemda hanya untuk 250 orang. Kami lalu menurunkan bantuan ala kadarnya yang berasal dari sumbangan teman-teman sekantor saya.
Sebenarnya tujuan utama saya ke sana adalah ingin bertemu lagi dengan John Lennon. Saya membawa sebuah gitar buat dia. Oh ya petugas panti juga menjelaskan bahwa di sana ada 3 orang lagi yang bisa bermain musik dan menyanyi selain John. Mereka dalam satu band, kadang-kadang ada yang ngundang untuk ngisi acara. Biasanya sih acara Ibu-ibu katanya.
Akhirnya John dipanggil masuk ke dalam ruangan tempat kami bertamu. Sewaktu bertemu saya bertanya apakah dia masih ingat pada kami. Tentu saja dengan bahasa Inggris yang bikin lidah saya terlipat-lipat… maklum gak pernah tinggal di State …. Dan dibalas dengan fasihnya oleh John walaupun dia juga tidak pernah tinggal di State. Ternyata John ingat lho pada kami. Dia bilang bahwa kami yang beberapa bulan lalu pernah bercakap-cakap dengannya di taman belakang panti.
Lalu saya memberikan gitar tersebut dan berharap moga-moga dia senang menerimanya. Mukanya kaget karena mungkin tidak menyangka mendapatkan sebuah gitar yang bisa dia HM (Hak Milik).
Saya bertanya bahwa apa dia masih bisa main … dia menjawab bahwa ada luka kecil pada telapak tangan kirinya.. tapi dia langsung mencoba memainkan gitar tersebut sebagai perkenalan.
Waktu dia mau memainkan gitar tersebut… saya melihat pada jari tengah tangan kirinya ruas pertamanya gak ada. Saya tanya kenapa… dia jawab bahwa dia tidak tahu penyebabnya kerena dulu ibunya tidak pernah menceritakan penyebabnya.
Lagu pertama yang dia mainkan adalah In My Life. Dia memainkan gitar dan menyanyi dengan penuh perasaan. Satu hal lagi yang mebuat saya kagum selain kemampuannya berbahasa Inggris. Lagu selanjutnya Imagine, Too Love Somebody. Waktu saya minta dia nyanyikan lagu Carol dia juga bisa.
Lama-lama saya juga pengen nyanyi… saya suruh main lagu Yesterday…dia nyanyi duluan dan saya kemudian ikut-ikutan nyanyi. Jadinya berduet deh… Rasanya enak juga bernyanyi (hal yang paling jarang saya lakukan sekalipun di kamar mandi… maklum.. gak pede dengan suara sendiri).
Di sela-sela dia bernyanyi … petugas panti memberikan saya spidol dan meminta saya menulis dan menandatangani pada gitar itu bahwa untuk John… wahhhh serasa jadi seleb.. padahal apa sih artinya yang bisa saya berikan.
Berhubung udah cukup lama bertamu, takut mengganggu kami mau pamit tapi sebelumnya saya tanya pada John apa lagu favorit yang dia sukai … lalu mengalunlah…Jealous Guy … Bener-bener… hebat komplit dengan siulannya. Sudah itu bener-bener pamit deh… sebelum kami pulang dia sekali lagi berterima kasih. Dan dia mengatakan pada saya God Bless You…saya menjawab jangan hanya untuk saya tapi untuk semua…. God Bless Us. Kami lalu pamit… dia pun menerima uluran jabat tangan dari kami.
Dalam perjalanan pulang… gak sadar saya bersenandung lagu pertama yang dia nyanyikan dan tiba-tiba baru saya sadar… bahwa jangan-jangan lagu itu mengingatkan dia akan kisah perjalanan hidupnya. Saya tuliskan lirik lagu dari The Beatles itu ya….
In My Life
There are places I remember
All my life, though some have changed,
Some forever, not for better,
Some have gone and some remain.
All these places had their moments,
With lovers and friends I still can recall,
Some are dead and some are living,
In my life I've loved them all.
But of all these friends and lovers,
There is no one compared with you,
And these mem'ries lose their meaning
When I think of love as something new.
Though I know I'll never lose affection
For people and things that went before,
I know I'll often stop and think about them
In my life I love you more.
Though I know I'll never lose affection
For people and things that went before,
I know I'll often stop and think about them
In my life I love you more.
In my life I love you more.

Teman-teman sekalian… begitu pengalaman saya kali ini dengan John. Saya tahu bahwa pasti banyak John-John yang lain bahkan ada yang lebih hebat dari dia dan mereka terpaksa harus menjalani hidup seperti itu. Siapa tahu ada dari antara teman-teman yang ingin berkenalan sekaligus membantu mereka silahkan berkunjung ke Panti Sosial Bina Laras “Harapan Sentosa 1” Cengkareng – Jl Kemuning No 17 RT 014/02 Kel. Cengkareng Barat – Jakarta Barat, telepon : (021)5401773

Tidak ada komentar:

Posting Komentar